Hanya Coretan Anak Bangsa

Minggu, 13 Mei 2012

BAB II | Enkapsulasi information hidding


BAB II | Enkapsulasi

Enkapsulasi/ Pembungkusan (Encapsulation)
Enkapsulasi merupakan suatu cara pembungkusan data dan method yang menyusun suatu kelas sehingga kelas dapat dipandang sebagai suatu modul dan cara bagaimana menyembunyikan informasi detail dari suatu class (information hiding). Dalam OOP, enkapsulasi sangat penting untuk keamanan serta menghindari kesalahan permrograman, pembungkus disini dimaksudkan untuk menjaga suatu proses program agar tidak dapat diakses secara sembarangan atau di intervensi oleh program lain. Konsep enkapsulasi sangat penting dilakukan untuk menjaga kebutuhan program agar dapat diakses sewaktu-waktu, sekaligus menjaga program tersebut.
Dua hal yang mendasar dalam enkapsulasi yakni :
• Information hiding.
• Interface to access data.
Information hiding
Sebelumnya kita dapat mengakses anggota class baik berupa atribut maupun method secara langsung dengan menggunakan objek yang telah kita buat. Hal ini dikarenakan akses kontrol yang diberikan kepada atribut maupun method yang ada di dalam class tersebut adalah 'public'. Kita dapat menyembunyikan informasi dari suatu class sehingga anggota class tersebut tidak dapat diakses dari luar, caranya adalah hanya dengan memberikan akses kontrol 'private' ketika mendeklarasikan atribut atau method. Proses ini disebut dengan information hiding.
Interface to access data
Jika kita telah melakukan information hiding terhadap suatu atribut pada suatu class, lalu bagaimana cara melakukan perubahan terhadap atribut yang kita sembunyikan tersebut, caranya adalah dengan membuat suatu interface berupa method untuk menginisialisasi atau merubah nilai dari suatu atribut tersebut.
Manfaat utama teknik encapsulation adalah kita mampu memodifikasi kode tanpa merusak kode yang telah digunakan pada class lain.
Enkapsulasi memiliki manfaat sebagai berikut:
> Modularitas
Source code dari sebuah class dapat dikelola secara independen dari source code class yang lain. Perubahan internal pada sebuah class tidak akan berpengaruh bagi class yang menggunakannya.
> Information Hiding
Penyembunyian informasi yang tidak perlu diketahui objek lain.

Contoh programnya seperti ini:

Dengan menggunakan C# :
/*
 * Created by SharpDevelop.
 * User: dino fajar rizkian
 * Date: 12/05/2012
 * Time: 9:14
 * 
 * To change this template use Tools | Options | Coding | Edit Standard Headers.
 */
using System;

namespace hiding
{
    class id
    {
        private string NamaChar="";
        private string Server;
        private int IdChar;
     
        public string namachar
        {
            get{return NamaChar;}
            set
            {
                this.NamaChar = value;
            }
        }
        public string server
        {
            get{return Server;}
            set
            {
                this.Server = value;
            }
        }
        public int idchar
        {
            get{return IdChar;}
            set
            {
                this.IdChar = value;
            }
        }
        public string MunculData()
        {
            return namachar +"  " + server +"  " + idchar;
        }
     
    }
    class Program
    {
        public static void Main(string[] args)
        {
            id data = new id();
            data.namachar = " Ndewo";
            data.server = "angin emas";
            data.idchar = 1010100;
            Console.WriteLine(data.MunculData());
         
         
            Console.Write("Press any key to continue . . . ");
            Console.ReadKey(true);
        }
    }
}
 gambarnya seperti ini:

 
Dengan menggunakan java:

/*
 * To change this template, choose Tools | Templates
 * and open the template in the editor.
 */

package hiding;

class id
{
    private String NamaChar;
    public void id (String namachar)
    {
        this.NamaChar = namachar ;
        System.out.println(namachar);
    }
}
class ini
{
    private String Server;
   public void ini (String server)
    {
        this.Server = server ;
        System.out.println(server);
    }
}
class itu
{

    private String IdChar;
    public void itu (String idchar)
    {
        this.IdChar = idchar;
        System.out.println(idchar);
    }
}
public class Main
{
    public static void main(String[] args) {
        id data = new id();
        data.id("ndewo");
        ini ada = new ini();
        ada.ini("angin emas");
        itu sana = new itu();
        sana.itu("101010100");

    }

}

gambarnya seperti ini:

Dengan menggunakan C++:
#include <iostream>

using namespace std;

class id
{
    private :
    char NamaChar[50];
    char Server [20];
    unsigned long IdChar;
    public : void getdata()
    {
        cout << endl << "input nama character : ";
        cin >> NamaChar;
        cout  << endl << "input server character : ";
        cin >> Server;
        cout << endl << "input ID character : ";
        cin >> IdChar;
    }
    void letakandata()
    {
        cout << endl << "nama character: " << NamaChar;
        cout << endl << "server character: " << Server;
        cout << endl << "ID character: " << IdChar;
    }
};
int main()
{
    id i1;
    cout << endl;
    cout <<"masukan data id User ";
    i1.getdata();

    cout << "\ndata id : ";
    i1.letakandata();
    return 0;
}
gambarnya seperti ini:

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host